supaya tanaman dapat tumbuh subur dan sehat


tanaman hias subur dan sehat

Banyak hal pokok yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh subur, sehat dan mampu memunculkan keindahannya. Perhatikan cara penanamnnya, media tumbuh dan tahapan penanamnnya harus tepat untuk tiap jenis tanaman, pemeliharaan jangka panjang dan teratur juga penting untuk diterapkan agar tanaman tampil optimal.

Lalu bagaimana syarat tumbuh tanaman supaya tampil optimal....?

Yaitu dengan memperhatikan ketinggian tempat, suhu, kelembapan cahaya, kandungan air dan kandungan unsur hara.

KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH

Umumnya tanaman yang dapat tumbuh didataran tinggi dapat juga tumbuh didataran rendah, namun tanaman yang dapat tumbuh didatarn rendah belum tentu dapat tumbuh di dataran tinggi.
Berdasarkan ketinggiannya tempat tumbuh terbagi atas: dataran tinggi, dataran rendah dan pantai.
Dataran rendah merupakan daerah dengan ketinggian 1-700 m dpl sedangkan dataran tinggi melebihi 700 m dpl. Pantai dibedakan dari dataran rendah karena memiliki karakter tempat yang khusus disebabkan tanaahnya berpasir dan mengandung garam.
Pada daerah tropis  ketinggian tempat tumbuh berkaitan dengan suhu, semakin tinggi tempat tumbuhnya suhu semakin rendah.

SUHU

Masing-masing jenis tanaman memiliki batasan toleransi yang berbeda, suhu maksimum dan minimum merupakan batas suhu yang terendah dan tertinggi. pada kondisi ini tanaman masih dapat hidup namun aktivitas fisiologisnya sudah menurun. Tanaman akan beradaptasi dengan cara mengalami stress suhu jika dipindahkan ketempat dengan suhu yang berbeda.

KELEMBAPAN

Kelembapan merupakan persentasi kandumgan air di udara.
Kelembapan disekitar tanaman dapat ditingkatkan dengan penyemprotan air, gunakan Sprayer sehingga dihasilkan butiran air yang halus seperti embun, sedangkan untuk kelembapan yang terlalu tinggi dapat dikurangi dengan mengatur srkulasi udara, alat yang dapat digunakan diantarnya FAN dan Exhaust.

CAHAYA


 

No comments:

Post a Comment